Laman

mickey


Rabu, 28 November 2012

REVIEW BUKU



REVIEW BUKU
METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
Kuantitatif,Kualitatif,PTK,R&D

Disusun  untuk Memenuhi Tugas Review
Mata kuliah Penelitian Pendidikan Matematika
Dosen Pengampu : Prof. Dr.Sutama, M.Pd


 









Oleh:
Anis Ayu Agustin          A410090103
Dwi Sri Mulyati             A410090111
Rikado Nila Khusna      A4410090150



PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2012

KATA PENGANTAR


          Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah    melimpahkan rahmat dan karunianya kepada penulis, sehingga kami bisa menyelesaikan review buku ini.
            Review buku ini kami susun guna memenuhi tugas mata kuliah Penelitian pendidikan Matematika..Dalam review buku ini berisi tentang ringkasan isi buku, kelemahan dan keunggulan buku tersebut.
Semoga review buku ini bermanfaat bagi siapa saja. Selain itu penulis juga mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk acuan penulis mendatang.
             




                                                                                              Surakarta,    Mei 2012
                                                                                                                       
                                                                                                                       
                                                                                                             Tim Penulis









BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
Manusia merupakan satu-satunya makhluk yang diberikan akal. Dengan akal yang dimiliki, manusia mempunyai rasa ingin tahu terhadap fenomena-fenomena yang terjadi dan terhadap alam semesta. Hasil dari rasa ingin tahu  manusia akan menjadi sebuah pengetahuan. Pengetahuan ini akan digunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu rasa ingin tahu manusia juga akan melandasi manusia untuk melakukan penelitian. Pengetahuan manusia akan berubah menjadi ilmu ketika manusia tidak puas dengan hanya sekedar tahu tetapi memuaskan rasa ingin tahunya dengan menelusurinya secara mendalam yaitu dengan melakukan penelitian.
Ilmu merupakan pengetahuan umum yang menjelaskan mengenai fenomena-fenomena yang terjadi.  Sedangkan pendekatan ilmiah adalah pendekatan disipliner dan pendekatan ilmu pengetahuan yang fungsional terhadap masalah tertentu. Ilmu pengetahuan dan pendekatan ilmiah mempunyai banyak definisi dari para ahli. Apa sebenarnya ilmu,ilmu pengetahuan dan bagaimana cara memperoleh pengetahuan serta fungsi dari ilmu
  1. Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan review buku ini adalah mempermudah pembaca untuk mengetahui  secara garis besar isi buku dan manfaat yang diperoleh dari membaca buku tersebut.
C.     Manfaat
Secara umum review buku ini memberikan  dapat memberikan  pengetahuan dan penjelasan mengenai definisi ilmu pengetahuan dan pendekatan ilmiah, bagaimana ilmu diperoleh serta fungsi-fungsi ilmu.

BAB II
RINGKASAN ISI BUKU

 BAB I  ILMU PENGETAHUAN DAN PENDEKATAN ILMIAH
  1. Ilmu Pengetahuan dan Pikiran Sehat
Menurut Whitehead (Kerlinger,1998) ilmu merupakan perpanjangan pikiran sehat yang sistematis dan terkendali. Menurut Conant (Kerlinger,1998) pikiran sehat adalah serangkaian konsep dan pola konseptual (conceptual scheme) yang memenuhi kebutuhan praktis umat manusia.
Perbedaan antara ilmu pengetahuan dan common sense:
1.      Penggunaan pola konseptual dan struktur teoritis nyata-nyata lain.
2.      Ilmuwan secara sistematis dan empiris menguji teori-teori dan hipotesis-hipotesisnya.
3.      Terletak pada pengertian kendali dan control.
4.      Ilmu terus menerus terpancang pada hubungan antara fenomena-fenomena, common sense digunakan untuk menjelaskan fenomena.
5.      Terletak pada penjelasan yang berlainan mengenai fenomena yang diamati.
Jadi ilmu hanya membicarakan hal-hal yang diamati dan diuji secara terbuka.

  1. Empat Metode Pengetahuan
Menurut Charles Pierce (Kerlinger,1998) ada 4 jalan untuk memperoleh pengetahuan yaitu:
1.      Dengan cara kegigihan atau keuletan (tenacity).
2.      Kearah pengetahuan dan keyakinan kukuh adalah cara otoritas atau kewenangan.
Cara ini lebih unggul dibandingkan dengan kegigihan, sebab umat manusia bias menggunakannya sebagai pangkal tolak kemajuan meskipun kemajuan itu lamban.
3.      A Priori
Adanya anggapan bahwa proposisi yang diterima oleh penganut tidak perlu lagi dibuktikan.
4.      Metode ilmu pengetahuan

  1. Ilmu dan Fungsi-Fungsinya
Secara garis besar ada 2 pandangan tentang ilmu yaitu:
a.       Pandangan statis
Ilmu pengetahuan merupakan suatu kegiatan yang memberikan sumbangan berupa informasi sistematis kepada dunia.
b.      Pandangan dinamis
Ilmu pengetahuan sebagai suatu kegiatan yakni hal-hal yang dilakukan oleh para ilmuwan.
     Fungsi ilmu pengetahuan adalah menetapkan hukum-hukum umum yang meliputi perilaku kejadian dan obyek yang dikaji oleh ilmu yang bersangkutan dan dengan demikian memungkinkan kita saling mengaitkan pengetahuan kita tentang kejadian-kejadian yang kita ketahui secara terpisah-pisah dan membuat ramalan andal tentang kejadian-kejadian yang belum dikenal.

  1. Penelitian Ilmiah Suatu Definisi
Penelitian ilmiah adalah penyelidikan yang sistematis, terkontrol, empiris dan kritis tentang fenomena-fenomena alami dengan dipandu oeh teori dan hipotesis tentang hhubungan yang dikira terdapat antara fenomena-fenomena. Dalam hal ini ada 2 hal yang ditekankan yaitu:
1)      Penelitian ilmiah bersifat sistematis dan terkontrol.
2)      Penelitian ilmiah bersifat empiris.


  1. Pendekatan Ilmiah
§  Pendekatan ilmiah adalah mekanisme atau cara mendapatkan pengetahuan dengan prosedur yang didasarkan pada suatu struktur logis yang terdiri atas tahapan kerja:
1)      Adanaya kebutuhan
2)      Perumusan masalah
3)      Pengumpulan teori
4)      Perumusan hipotesis
5)      Pengumpulan data/informasi/fakta
6)      Analisis data
7)      Penarikan kesimpulan
§  Sifat pendekatan ilmiah
1)      Efisien dalam penggunaan sumber daya (tenaga, baiaya, waktu)
2)      Terbuka (dapat dipakai oleh siapa saja
3)      Teruji (prosedurnya logis dalam memperoleh keputusan)
§  Pola pikir pendekatan ilmiah
1)                                          Induktif : pengambilan kesimpulan dari kasus yang bersifat khusus menjadi kesimpulan yang bersifat umum.
2)                                               Deduktif : pengambilan kesimpulan dari hal yang bersifat umum menjadi kasus yang bersifat khusus.








BAB III
PEMBAHASAN

A.    Pemaknaan Materi
Berdasarkan hasil pembahasan mengenai materi “Ilmu Pengetahuan dan Pendekatan Ilmiah”,dapat diperoleh kesimpulan bahwa materi tersebut memberikan  konsep penting mengenai ilmu dan pendekatan ilmiah. Mulai dari pengertian imu, pengetahuan dan pendekatan ilmiah, cara memperoleh ilmu serta fungsi ilmu.
Ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum dan sistematis, pengetahuan dari mana dapat disimpulkan dalil-dalil tertentu menurut kaidah-kaidah umum (Nazir, 1988). Menurut Shapere (1974), konsepsi ilmu pada dasarnya mencakup tiga hal, yaitu adanya rasionalitas, dapat digeneralisasi dan dapat disistematisasi. Jadi ilmu adalah pengetahuan yang bersifat umum yang menjelaskan mengenai fenomena-fenomena yang terjadi.
Pengetahuan adalah keseluruhan pengetahuan yang belum tersusun, baik mengenai matafisik maupun fisik. Dapat juga dikatakan pengetahuan adalah informasi yang berupa common sense,  tanpa memiliki metode, dan mekanisme tertentu. Pengetahuan berakar pada adat dan tradisi yang menjadi kebiasaan dan pengulangan-pengulangan. Dalam hal ini landasan pengetahuan kurang kuat cenderung kabur dan samar-samar. Pengetahuan tidak teruji karena kesimpulan ditarik berdasarkan asumsi yang tidak teruji lebih dahulu.  Pencarian pengetahuan lebih cendrung trial and error dan berdasarkan pengalaman belaka (Supriyanto, 2003).
Didalam pendekatan ilmiah, dituntut untuk dilakukan cara-cara atau lengkah-langkah tertentu dengan tata aturan yang tertentu pula sehingga tercapai pengetahauan yang benar atau logis. Cara ilmiah ini merupakan syarat mutlak untuk timbulnya ilmu, yang dapat diterima oleh akal dengan berpikir ilmiah.
Metode ilmiah merupakan wujud dari pendekatan ilmiah. Metode ilmiah adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam penemuan-penemuan ilmiah. Hasil penemuan ilmiah dengan menggunakan metode ilmiah disebut ilmu. Ada tiga karateristik utama dari pendekatan ilmiah, yaitu: Reductionism, Repeatability, Refutation.

B.     Penilaian Buku
1.  Isi buku
a.   EYD
Penulisan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku yaitu sesuai dengan EYD (Ejaaan Yang Disempurnakan).
b.  Sistematika penulisan
Sistematika penulisan terstruktur dengan baik. Setiap pokok bahasan jelas apa yang dibahas sehingga memudahkan pembaca untuk memahami materi yang dibahas.
2.    Keunggulan dan kekurangan
a.       Keunggulan
1)      Setiap pokok bahasan dan sub bab-sub babnya tersusun dengan format yang baik, sehingga mudah untuk dipahami.
2)      Terdapat  istilah asing yang disertai dengan artinya. Dengan adanya istilah asing dapat membantu dan menambah kosakata pembaca tentang bahasa inggris. Dan dengan ada arti dari istilah asing tersebut,   memudahkan pembaca untuk memahami artinya.
  Contoh :
-          Conseptual scheme      : pola konseptual
-          Reward                        : hadiah
-          dll.
3)      Definisi mengenai ilmu, pengetahuan dan pendekatan ilmiah disajikan dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Selain itu juga ada penjelasan mengenai bagaimana cara ilmu itu diperoleh, fungsi ilmu dan disertai dengan ilustrasi dan contohya.

b.      Kekurangan
Dalam penulisan buku ini terutama pada materi “Ilmu Pengetahuan dan Pendekatan Ilmiah” terdapat beberapa kekurangan jika dibandingkan dengan buku lain yang berjudul “Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan” yaitu :
1)      Tidak dijelaskannya mengenai pengertian dari suatu pengetahuan secara detail.
2)      Format penulisan yang terkadang membuat pembaca terkecoh karena penjelasan dalam bentuk alenia bukan numerik.
Contoh :
Ilmu dan “comon tense” berbeda tajam dalam lima hal. Perbedaan itu berkisar pada kata “sistematik” dan “terkendali”. Perbedaan pertama, penggunaan pola ............
3)      Tidak adanya pembahasan singkat pada bagian yang dianggap penting.
4)      Tidak dijelaskan bagaimana keterkaitan antara Ilmu Pengetahuan, Metode Ilmiah, dan Penelitian.
5)      Terdapat sumber pustaka yang tidak terbaru atau last update seperti pada Ilmu Pengetahuan dan Pikiran Sehat Whitehead (Kerlinger, 1998).


BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari hasil review buku tersebut dapat disimpulkan bahwa ilmu adalah pengetahuan tentang suatu fenomena dan gejala-gejalanya sedangkan pendekatan ilmiah adalah cara untuk  mendapatkan pengetahuan tentang fenomena yang terjadi. Pendekatan ilmiah merupakan suatu cara memperoleh pengetahuan dan kerangka dasar dalam melakukan penelitian.
Metode ilmiah merupakan wujud dari pendekatan ilmiah. Metode ilmiah adalah langkah-langkah yang harus ditempuh dalam penemuan-penemuan ilmiah. Hasil penemuan ilmiah dengan menggunakan metode ilmiah disebut ilmu.

B.     Saran
Berdasarkan kesimpulan diatas peresensi dapat menyarankan:
1.      Untuk memperoleh pengetahuan dan melakukan penelitian memerlukan pendekatan ilmiah untuk menjelaskannya dan mendapatkan jawaban atas fenomena tersebut.
2.      Dalam melakukan penelitian perlu memperhatikan urutan kerja yang baik seperti yang diungkapkan dalam pembahasan. Dan yang terpenting adalah penelitian sebagai suatu proses telaah reflektif, saling ketergantungan antara bagian-bagiannya.






DAFTAR PUSTAKA

Sutama.2012.Metode Penelitian Pendidikan:Kuantitatif,Kualitatif,PTK,R&D.  Kartasura:Fairuz Media.
Purwanto.2010.Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
http:/monaliasakwati.blogspot.com/2011/03/definisi-ilmu-pengetahuan.html
http:/ariasusman.wordpress.com/2009/07/06/pendekatan ilmiah/

Review Buku Download 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar