RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri Wonomulyo
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV
(Empat) /1 (satu)
Alokasi waktu : 2 x 35
menit (1 X pertemuan)
A.
Standar Kompetensi :
1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat
operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.4 Melakukan operasi hitung
campuran
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
Ø Menghitung operasi hitung campuran
D.
Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat Menentukan
aturan operasi hitung campuran
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Religius
(Religious), Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
( respect) Tekun ( diligence
) dan
Tanggung jawab ( responsibility )
E.
Materi
Ajar
Operasi hitung bilangan
§
operasi
hitung campuran
(Terlampir)
F.
Metode
Pembelajaran
Study kasus,
Diskusi, pengamatan, dan Latihan
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke 1
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Memberikan games untuk membangkitkan semangat siswa.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, Siswa:
F
Siswa
dapat Melakukan operasi hitung campuran
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, Siswa:
F
Melakukan
study kasus dengan menggunakan operasi hitung bilangan, pengamatan, analisis
dan diskusi untuk dapat menentukan aturan operasi hitung campuran
F
Melakukan
diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F
Berinteraksi
tanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Bersama
guru bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan
Penutup
Dalam
kegiatan penutup, Siswa:
F
Menyimpulkan
materi
F
Dievaluasi kegiatan pembelajaran
F
Diberikan pekerjaan rumah dan diinformasikan materi
yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
a. Buku Pelajaran Matematika
untuk Sekolah Dasar Kelas 4,
b. Buku lain yang relevan
c. Kegiatan keseharian yang
relevan
I.
Penilaian
- Teknik Penilaian : Pengamatan dan tes tertulis
- Prosedur Penilaian : Penilaian Proses dan penilaian Hasil akhir belajar
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen Penilaian
|
Semanagat belajar:
Cara berfikir, bertindak, Kerjasama, keaktifan
|
Pengamatan
|
Akhir pelajaran
|
§ Uraian , Penilaian sikap (pengamatan perilaku).
|
Lembar Pengamatan
|
Pengetahuan dan pemahaman.
|
Tugas Individu dan Kelompok
|
Akhir Pelajaran
|
Laporan
buku pekerjaan rumah
Uraian Objektif
|
Lembar evaluasi
(Terlampir)
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
A. Lembar Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
|||||||||||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Keberania
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Penilaian produk (hasil diskusi)
Aspek
Penilaian
|
Rubrik Penilaian/Kriteria
|
Skor
|
KERJASAMA
|
|
4
3
2
1
|
KEAKTIFAN
|
|
4
3
2
1
|
KEBERANIAN
|
|
4
3
2
1
|
C. LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Pengamatan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Keberanian
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Kepala SDN Wonomulyo
DWI PRIHATIN,S.Pd
NIP. 19650404 198908 2 001
|
Wonogiri, 02 Oktober 2015
Guru Kelas IV
ANIS AYU AGUSTIN,S.Pd
NIM. 825166195
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar